Muli Mekhanai Pariwisata Merupakan Ujung Tombak yang Harus Diberdayakan

Provinsi Lampung baru baru ini menggelar lomba muli mekhanai Lampung (bujang gadis), dalam rangkaian acara akbar yakni Festival Krakatau ke XXII yang akan diselengarakan oleh instansi terkait yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung pada 6-121012. Dari hasil pemilihan tersebut maka terpilihlah muli mekhanai pariwisata Lampung.

Dengan terpilihnya muli mekhanai pariwisata ini, ke depan sangat memegang peranan penting terhadap kemajuan kepariwisataan Lampung, mengingat tugas yang mereka emban adalah untuk turut memajukan program pemerintah dibidang kepariwisataan.

Tentunya modal pengetahuan kepariwisataan Lampung harus dikuasai sepenuhnya, dengan ditambah pengetahuan lain sebagai penunjangnya, seperti bahasa inggris sebagai bahasa internasional, dan bahasa lainnya sebagai penunjang untuk dapat menyampaikan informasi terhadap wisatawan mancanegara.

Mereka juga harus mampu meyakinkan terhadap wisatawan, jika pariwisata di provinsi Lampung mempunyai potensi yang luar biasa dan tidak kalah jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di nusantara ini. Oleh karena itu peran dinas terkait terhadap muli mekhanai pariwisata pun harus konsisten dalam memberikan pengetahuan dan membawa mereka ke objek - objek wisata yang akan dipromosikan baik di tingkat nasioanl maupun internasional.

Bagaimana mereka dapat memberikan informasi yang baik serta dapat meyakinkan wisatawan jika mereka belum pernah berkunjung ke tempat yang mereka ceritakan, misalnya Teluk kiluan, Tanjungsetia, TNBBS, Waykambas dan Gunung Anak Krakatau maupun Menara Siger yang jadi Iconnya Lampung. Inikan bar- bar, yang dikhawatirkan akan terjadi pembohongan informasi kepada wisatawan.

Tuntutan lainnya buat muli mekhanai ini adalah selain cantik dan tampan juga dia dituntut harus smart, cerdas dan tanggap terhadap permasalahan yang tengah dihadapinya saat memberikan informasi kepada wisatawan, dia tidak boleh terlihat bingung saat memberikan informasi, seakan tidak menguasai informasi global tentang Lampung. Provinsi yang memiliki seabrek potensi wisata dan budaya.

Diharapkan dengan adanya muli mekhanai provinsi Lampung terpilih, paling tidak informasi pariwisata lampung lebih menyebar keberbagai kalangan karena sebagai orang muda langkahnya cukup panjang, mereka akan mampu menyerap berbagai pengetahuan dari dunia yang mereka geluti kesehariannya.

Belajar dari yang lebih senior merupakan langkah bijak, karena berguru dari pengalaman akan membuka mata dan pikiran untuk meraih sukses. Ini kepercayaan mahal yang diberikan pemerintah provinsi Lampung melalui dinas terkait, dan tentunya mereka menuntut tanggungjawab akan suksesnya tugas yang diberikan kepada mereka selaku muli mekhanai pariwisata Lampung.
R.03.

Icon Komoditas