Donor Darah dalam Rangka HUT Lampung ke-56 Disambut Antusias oleh ASN di Lingkungan Pemprov

Acara Donor Darah yang merupakan pembuka rangkaian HUT Provinsi Lampung ke-56 disambut antusias oleh Aparatur Sipil Negara ( ASN) di Lingkungan Pemprov Lampung.

Sedikitnya 300 ASN dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut mendonorkan darah mereka dalam acara yang dilaksanakan di Sekretariat DP Korpri Provinsi Lampung, Bandarlampung, Rabu (4/3/2020).

Acara donor darah ini dibuka Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Fauziah, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi.

Dalam sambutannya, Fauziah mengapresiasi acara ini dan menilai donor darah adalah kegiatan kemanusiaan yang sangat penting.

"Seperti yang kita ketahui bersama, darah dapat menjadi penolong penyelamat nyawa yang sampai saat ini belum dapat digantikan ataupun dibuat tiruannya. Donor darah adalah sesuatu yang teramat penting dan berarti bagi kehidupan seseorang," ujar Fauziah.

Melalui donor darah ini, lanjutnya, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor. Karena setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

"Donor darah dapat mengurangi resiko terjadinya stroke, serangan jantung serta membantu kelancaran peredaran aliran darah (sistem kardiovaskular). Donor darah ini juga mampu memberikan kesehatan psikologis, yang menumbuhkan keinginan untuk berbagi kebahagiaan membantu masyarakat yang membutuhkan," jelas Fauziah.

Staf ahli Gubernur ini juga menjelaskan bahwa dengan membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan.

"Dengan adanya donor darah ini, semoga dapat meningkatkan jumlah pendonor, baik secara kualitas maupun kuantitas," katanya.

Selain itu, dengan melakukan publikasi yang tepat dan terarah mengenai manfaat dan humanisnya kegiatan ini, serta membekali masyarakat dengan pengetahuan yang berhubungan dengan donor diharapkaan di masa yang akan datang akan semakin banyak masyarakat berpartisipasi mendonorkan darah. "Sehingga kebutuhan kantong-kantong darah untuk keperluan kemanusiaan akan dapat terpenuhi," harap Fauziah.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu sesama terutama bagi yang membutuhkan. Diharapkan acara ini dapat membantu masyarakat.

"Peserta Donor Darah ini berasal dari semua OPD di Lingkungan Pemprov Lampung dan yang sudah terdaftar sampai dengan hari ini sejumlah 300 orang," ujarnya.

Icon Komoditas