Buka Musrenbang di Tanggamus, Gubernur Sampaikan 5 Arahan Presiden dan 6 Prioritas Pembangunan Lampung Berjaya

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanggamus 2020, di Aula Islamic Centre, Kabupaten Tanggamus, Selasa (10/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan 5 (lima) Pokok Arahan Presiden dan 6 Prioritas Pembangunan Lampung Berjaya dalam penyusunan RKPD Tanggamus 2021.

Lima Arahan Presiden tersebut yaitu: Pembangunan    Sumber Daya Manusia; Pembangunan Infrastruktur; Penyederhanaan Regulasi; Penyederhanaan Birokrasi; serta Transformasi Ekonomi.
Selaras dengan Arahan Presiden tersebut, maka Tema Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2021 “Meningkatkan Kualitas SDM dan Pembangunan Infrastruktur Menuju Lampung Berjaya, dengan 6 (enam) prioritas pembangunan, yaitu: Pembangunan Sumber Daya Manusia; Pembangunan Infrastruktur; Peningkatan Investasi dan Nilai Tambah Produk Unggulan; Reformasi Birokrasi; Kehidupan Masyarakat yang Religius, Aman dan Berbudaya; dan Pengelolaan Lingkungan yang Berkelanjutan dan Mitigasi Bencana.

"Tema dan prioritas tersebut mengacu pada Visi Misi Gubernur Lampung 2019-2024 Rakyat Lampung Berjaya. Untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut,  maka kita harus berupaya keras dan berkerja cerdas serta saling bahu membahu untuk membangun sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan," jelasnya.

Sehubungan dengan hal itu, Lanjut Gubernur Arinal, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama antara lain Pentingnya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi daerah yang ditargetkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung Tahun 2021 sebesar 5,5-5,8, melakukan pengendalian laju inflasi, meningkatkan IPM Provinsi Lampung dengan target sebesar 70,68, komitmen bersama guna menurunkan angka kemiskinan dengan kebijakan program yang terarah dan terukur yang ditargetkan Penurunan Kemiskinan Provinsi Lampung di Tahun 2021 adalah 10,62%.

"Kemudian, memperluas kesempatan kerja sehingga mampu menurunkan angka pengangguran terbuka dimana Target Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2021 Provinsi Lampung adalah sebesar 3,51. Saya berkomitmen menurunkan angka pengangguran, salah satunya melalui Kartu Pertani Berjaya," jelasnya.

Selanjutnya, dalam meningkatkan infrastruktur jalan guna menjamin aksesibilitas seluruh masyarakat di seluruh wilayah Provinsi, Khusus untuk akses jalan menuju kawasan industri maritim Tanggamus.

"Kawasan Industri Maritim Tanggamus, sebagai salah satu kawasan industri pengembangan dalam RPJMN 2020-2024, membutuhkan upaya-upaya percepatan dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama KIM Tanggamus dapat segera terwujud," jelasnya.    

Di sektor Pertanian, Kabupaten Tanggamus perlu terus meningkatkan produksi komoditi unggulannya. Beberapa komoditi unggulan Kabupaten Tanggamus  memberikan kontribusi terhadap produksi Lampung, diantaranya Kopi dimana Tanggamus berkontribusi sebesar 30,3 %, Lada 20,7%, Kakao 11,89%  dan kambing 13% terhadap total Produksi Provinsi Lampung.

Tak hanya itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menanggapi beberapa hal yang menjadi masukan dari Bupati Tanggamus dan Ketua DPRD Tanggamus, di antaranya peningkatan sarana dan prasara pendidikan di Tanggamus. Juga peningkatkan infrastruktur jalan di Tanggamus, termasuk menuju Pulau Tabuan Kecamatan Pematangsawah.

Hal ini mengingat area menuju pulau pabean melewati taman nasional yang memerlukan persetujuan Kementerian dan DPR RI.

Gubernur Arinal juga mengembangkan beberapa komoditas unggulan, seperti menggabungkan kopi dan lada dalam satu areal untuk meningkatkan pendapatan petani, serta peningkatan pariwisata Tanggamus.

Gubernur Arinal berharap melalui Musrenbang 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat, yang akan memberikan daya ungkit yang kuat, sehingga Kabupaten Tanggamus mampu menjadi penopang laju pembangunan Provinsi Lampung.

"Musrenbang ini menjadi bagian hak rakyat dalam menyampaikan keluhan dan saran. Kita kedepankan kebuthhan rakyat, jangan kebutuhan pemimpin. Untuk itu kita harus mampu memanfaatkan momentum ini dengan baik sehingga akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan selamat atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 Kabupaten Tanggamus. "Musrenbang ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan yaitu dengan menjaring seluruh aspirasi dan keinginan masyarakat," ujar Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal mengingatkan kembali cara pandang bersama, bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa/ Kelurahan.

Oleh karena itu, koordinasi, sinergi, partisipasi dan kontribusi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan kita bersama.

Di tahun 2019, Provinsi Lampung telah berhasil dalam pencapaian pembangunan yang ditunjukkan dengan indikator makro, antara lain: Pertumbuhan ekonomi provinsi Lampung Tahun 2019 sebesar 5,27% lebih besar dibanding tahun 2018 sebesar 5,25%.

Adapun Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 sebesar 5,02% ; Laju inflasi Provinsi Lampung yang terkendali berada di level 3,44%; Tingkat Pengangguran terbuka Provinsi Lampung, dari 4,33 % di tahun 2017 menjadi 4,03 % di tahun 2019.

Juga penurunan angka kemiskinan dari 13,01 di tahun 2018 menjadi 12,3 di bulan September 2019. Untuk Angka Kemiskinan Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 sebesar 12,05 %.

Kemudian, IPM Lampung meningkat dari 63,71 pada tahun 2010 menjadi 69,57 pada tahun 2019 dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 1,00 persen per tahun. Juga di Tahun 2019 IPM Kabupaten Tanggamus sebesar 67,75; serta Indek Gini Provinsi Lampung pada bulan September 2019 berada di 0,331. Untuk Indeks Gini Kabupaten Tahun 2019 Tanggamus sebesar 0,314.

"Hal tersebut memberikan gambaran keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan. Namun demikian, kita masih akan menghadapi tantangan yang cukup berat terutama dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat kemiskinan ditengah kondisi global yang meredup," jelas Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal turut didampingi kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Selain itu. turut mendampingi Anggota DPD RI Lampung Bustami Zainuddin.

Icon Komoditas