Post

Demi meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang diwakili Asisten Ekbang Taufik Hidayat, membuka seleksi Pemagangan Dalam Negeri dan Pemagangan ke Jepang, di Lantai 3, Balai Keratun, Senin (7/10/2019). Seleksi diikuti 350 peserta pemagangan dalam negeri dan 366 peserta pemagangan ke Jepang.

Dalam sambutan Gubernur, yang dibacakan Taufik Hidayat dijelaskan bahwa model pemagangan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung adalah pemagangan dalam memberikan keterampilan yang langsung di dunia kerja sesuai dengan kompetensinya bahkan peserta magang dapat langsung diterima pada perusahaan di tempatnya magang.

“Program pemagangan ke luar negeri bermanfaat bagi para pemuda-pemuda, karena akan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis di perusahaan kecil dan menengah yang ada di luar negeri, menanamkan sikap dan etos kerja yang pantang menyerah dalam berwirausaha serta memberikan peningkatan kesejahteraan bagi peserta dan keluarganya,” ujar Taufik.

Taufik menjelaskan, tujuan penyelenggaraan seleksi adalah memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman bagi calon Tenaga Kerja melalui pelatihan langsung di tempat kerja dan dilatih oleh pengajar yang telah berpengalaman. Diharapkan peserta magang siap untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya.

“Selain mendapat keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman, peserta magang juga akan mendapatkan kesejahteraan berupa uang saku rata-rata 90.000 yen dan diberikan modal dasar wirausaha sebesar 600.000 yen,” kata Taufik.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Lukmansyah mengatakan para peserta magang akan mengikuti tes seleksi Matematika dan Ketahanan Tubuh, Seleksi Fisik, dan Seleksi Wawancara.

“Melihat besarnya manfaat yang diperoleh dari pemagangan ini, Disnakertrans Provinsi Lampung berharap agar kegiatan ini dapat dikelola dengan baik dan ditingkatkan lagi baik jumlah maupun kualitas pelaksanaannya," ujar Lukmansyah. 

Kepada peserta magang ke Jepang yang akan mengikuti seleksi, Pemprov Lampung melalui Disnakertrans mengucapkan selamat berjuang. "Gunakan seluruh kemampuanmu sehingga dapat lulus dan ikut diberangkatkan menjadi peserta magang di Jepang," ujar Lukmansyah.

Sementara itu, Kasubdit Pemagangan Luar Negeri Nita Apriliawati, mewakili Direktur Bina Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan RI, berharap pada seleksi kali ini paling tidak Provinsi Lampung bisa meluluskan 60% dari seluruh total peserta untuk bisa magang di berbagai perusahaan dalam Negeri maupun Jepang.