ASDP Siapkan 43 Kapal Roro Untuk Pemudik

TELUKBETUNG UTARA- Menyambut kedatangan para pemudik Hari raya Idhul Fitri 1435 H 2014 M. ASDP Bakauheni sudah menyiapkan kapal roro sebanyak 46 buah. Namun yang siap beroperasi sebanyak 43 buah kapal.

&ldquoYa, semula kita siapkan 46 kapal, tapi laporan terakhir yang sudah siap operasi ternyata baru 43 kapal,&rdquo kata GM ASDP Bakauheni La Mane, usai rakor Angkutan Lebaran, di Aula Dishub, Telukbetung Utara, kemarin (1507).

Untuk sarana pelabuhan dijelaskan La Mane, pihaknya masih melakukan perbaikan pada tolgate (pintu tol). Dalam waktu dekat diharapkan perbaikan itu sudah bisa selesai dan akan dilanjutkan kembali setelah perayaan lebaran.

Untuk pengamanan kapal selama mudik, menurutnya sudah menjadi kewajiban awak buah kapal (ABK). Mereka bertugas melakukan ronda keliling diatas kapal secara rutin dan berkala. &ldquoSoal itu sudah ada SOP nya,&rdquo tuturnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Minto Rahardjo mengatakan, bahwa untuk angkutan kapal di pelabuhan Bakauheni totalnya ada 46 dan 43 yang siap operasi dan stand by. "Ada 5 dermaga di pelabuhan Bakauheni sudah kita siapkan untuk 27 sampai 30 kapal yang sandar,&rdquo ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam rapat yang dilakukan masing-masing instansi di aula Dinas Perhubungan yang terkait angkutan lebaran. &ldquoHasilnya prasarana dan fasilitas pendukung sudah siap namun kita tetap mewaspadai dan terutama koordinasi antar instansi,&rdquo harapnya.

Masih kata Minto, selain angkutan laut, angkutan darat pun sudah dipersiapkan. &rdquoUntuk travel gelap yang masih beroperasi tetap dirazia dan polisi pun nanti turun tangan. Tangan kita sedikit tidak mungkin untuk mengawasi semua seperti maling ya tetap ada. Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar,&rdquo tutupnya.

Icon Komoditas