Workshop Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Provinsi Lampung 2017

Image
14 Desember 2017

Bunda PAUD Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo siap berada di garis depan memperjuangkan hak-hak guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). "Saya akan selalu berada di garis depan bersama Bapak dan ibu guru, untuk memperjuangkan hak-hak guru,” kata Yustin, pada Workshop Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Provinsi Lampung 2017, di GOR Saburai Bandar Lampung, Rabu (13/12/2017).

Menurut Yustin, seperti yang sedang diperjuangkan saat ini, mendorong pemerintah pusat untuk merevisi Undang-Undang Guru No. 14 tahun 2005. “Tujuannya, agar guru PAUD memiliki kesetaraan hak dengan pengajar lainnya. Guru PAUD sangat Iayak untuk kita perjuangkan karena memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak, sebagai pondasi dasar bangsa," kata Yustin berapi-api.

Untuk itu, kata Ketua Dekranasda Provinsi Lampung itu, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran PAUD di Provinsi Lampung, digelar workshop tersebut. Workshop diisi narasumber yakni Drs. Sinung Widodo, Praktisi PAUD Nasional.

Yustin menambahkan kegiatan ini juga untuk saling berbagi informasi di kalangan guru. "Juga untuk saling berbagi ilmu pembelajaran, dalam meningkatkan program PAUD di Provinsi Lampung. Sebab, merupakan tanggung jawab kita bersama meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran PAUD di Provinsi Lampung yang kita cintai ini. Salah satunya adalah dengan menghasilkan SDM tenaga pendidik, yang berkualitas dan terampil, yang dibutuhkan oleh sekolah ataupun lembaga PAUD," kata Yustin.

Yustin juga menuturkan pendidikan merupakan suatu tolok ukur dalam menilai keberhasilan pihak sekolah, terutama tenaga pendidik dalam menciptakan anak didik yang berkualitas. "Sekolah dapat dikatakan bermutu, apabila di dalam sekolah tersebut terdapat proses pembelajaran yang baik, serta mempunyai lembaga sekolah yang mampu menangani dan bertanggung jawab atas hasil belajar anak didiknya," kata Yustin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, mengatakan Pemprov memiliki kepedulian dan perhatian yang sangat tinggi terhadap perkembangan pendidikan anak usia dini. Dari tahun ke tahun lembaga pendidikan anak usia dini di Provinsi Lampung terus meningkat dengan sangat pesat di seluruh kabupaten/kota.

"Komitmen Pemprov dalam membangun pendidikan sangat jelas, semua itu terlihat dari setiap program-program dan kegiatan yang dilaksanakan secara signifikan setiap tahunnya. Ini menunjukkan pendidikan adalah kebutuhan utama rakyat yang harus bisa diakses oleh semua," kata dia.

Ia menyebutkan walaupun PAUD merupakan kewenangan Pemerintah kabupaten/kota, atas arahan Gubernur Lampung, Pemprov akan terus berjuang untuk memperhatian keberlangsungan PAUD di Provinsi Lampung. “Untuk itu, kita berharap agar terus terbangunnya PAUD yang murah dan berkualitas yang menjamin semua anak usia dini berkesempatan memperoleh layanan PAUD, demi pembentukan anak yang cerdas dan berkualitas," kata Sulpakar.

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Menkop dan UMKM…

17 September 2018
Post

Pemprov Buka Kuota…

14 September 2018
Post

Dinsos Lampung Ikuti…

14 September 2018
Post

Pj. Sekretaris Daerah…

14 September 2018

Kurs Dolar