Wagub Coba Mobil Rakitan Siswa SMK 2 Mei

Image
04 April 2017
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mencoba mobil rakitan siswa SMK 2 Mei Bandarlampung, Senin (3/4). Mengendarai kendaraan roda empat yang bodinya masih berbentuk rangka, wagub sempat keliling lapangan sekolah setempat.

"Mesinnya cukup nyaman untuk digunakan berkeliling, suaranya juga tidak terlalu bising," ujar Wagub Bachtiar di sela-sela memantau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 di SMK 2 Mei Bandarlampung.

Pagi itu, didampingi Ketua Dewan Pendidikan Lampung Machfuz, dan Kepala SMK 2 Mei Djumadi, Wagub sempat berkeliling meninjau bengkel praktikum siswa dan mencoba mengendarai mobil rakitan siswa.

Menurut dia, akan sangat bagus jika semua SMK memiliki hasil praktikum yang berkualitas. Sehingga dapat dikembangkan menjadi produk dalam negeri yang memiliki harga jual.

"Diharapkan semua sekolah SMK memiliki sebuah hasil praktikum jadi nanti pemerintah dapat membantu untuk dikembangkan," katanya.

Sementara Djumadi menjelaskan mobil modifikasi itu dibuat menggunakan mesin sepeda motor Yamaha Vixion kapasitas mesin 150 cc. "Mobil ini telah berkali-kali diikutkan dalam lomba, dan telah menjadi maskot dari sekolah kami," katanya.

Pembuatan mobil tersebut menghabiskan waktu hingga tujuh bulan. Mengingat banyaknya komponen yang dibutuhkan.

"Mobil tersebut sengaja dibuat oleh anak-anak, dengan harapannya bisa menularkan ke siswa lainnya untuk berkreasi, dan nanti direncanakan siswa akan kembali menambah hasil praktikum dengan cara rakitan dan modifikasi," katanya.(HD)