Vidi Nahkodai Pertahkindo,Pemprov Dukung Sertifikasi Tenaga Konsultan

Image
31 Juli 2018

Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Pertahkindo) Lampung akhirnya terbentuk. Vidi Wirawan Tinto,ST menjafi nahkoda didampingi, M.Iwan Syarif,ST (Sekretaris), dan I Wayan Aryudi,ST.MT (Bendahara) dan pengurus DPD Pertahkindo Lampung 2018-2023.

Pengukuhan ini dilakukan oleh Bendahara umum DPP Pertahkindo Ir.Agus Wahsudiyanto,M.Sc juga disaksikan langsung oleh Wakil Ketua I LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi)Lampung, Napoli Situmorang. Pengukuhan ini meupakan hasil Musda perdana berlangsung di Bukit Randu Hotel,Rabu (25/7).

“Kami mempunyai misi, Pertahkindo lebih dapat mengedukasi / membina dan meningkatkan kualitas serta memberdayakan tenaga ahli dan tenaga terampil Indonesia sebagai konsultas profesional yang kredibel dan berorientasi global, namun beriman teguh dan peduli sesama menjunjung tinggi kode etik dan tata laku profesional tenaga ahli dan tenaga terampil konsultan Indonesia,” ucap Vidi Wirawan Tinto,ST , Ketua DPD Pertahkindo Lampung 2018-2023.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lampung, Taufik Hidayat mengungkapkan Pertahkindo diharapkan mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah guna mensukseskan berbagai agenda pembangunan di Provinsi Lampung. Ia juga berharap kehadiran organisasi ini akan mendorong para konsultan untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerjanya, termasuk memfasilitasi pembuatan sertifikat bagi tenaga ahli di Provinsi Lampung sesuai dengan amanat Undang Undang No. 2 tahun 2017 tentang tenaga ahli yang harus memiliki sertifikat. “Artinya kita ingin supaya kelompok-kelompok keahlian dan keterampilan dapat bersertifikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan, supaya tenaga kita berstandar dengan baik keahliannya,” ungkap Taufik.

Taufik mengatakan dalam rangka mempercepat kompetensi sumber daya manusia, Pemprov Lampung memiliki Program Lampung Kompeten yang telah diluncurkan sejak tahun 2016. "Melalui program ini, diharapkan SDM di Lampung memiliki kompetensi dan berdaya saing kuat di Lampung maupun pasar global," ujar Taufik.

Dalam penerbitan sertifikat tenaga ahli, Pemprov berharap Pertahkindo berkordinasi dengan lembaga yang benar-benar dapat mensertifikasi tenaga ahli seperti LPJK agar sertifikat yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuan dan standar Organisasi Sertifikasi Nasional dan Internasional (ISO). “Pembuatan SK dalam asosiasi untuk mewujudkan tenaga ahli yang kredibel, dalam prosesnya harus bermitra dengan lembaga yang benar-benar dapat mensertifikasi tenaga ahli untuk menjadi tenaga ahli yang berintegritas, kompeten dan berdedikasi,” ujar Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Lampung Juniardi

Bendahara Umum DPP Pertahkindo Agus Wahsudianto menginformasikan bahwa musda kali ini mengusung tema “Mewujudkan Tenaga Kerja Konstruksi Yang Profesional Berintegritas dan Berdaya Saing Global". Musda ini bertujuan membina dan meningkatkan kualitas serta memberdayakan tenaga ahli dan tenaga trampil Indonesia yang professional yang kredibel dan berorientasi global yang menjunjung tinggi kode etik dan tata laku profesional tenaga ahli dan tenaga trampil Indonesia. (TK)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Dinas Kominfotik Gelar…

11 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Bersama…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Ajak…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Sambut…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Lampung Minta…

09 Desember 2018

Kurs Dolar