Tingkatkan Penilaian Akuntabilitas Biro Organisasi Gelar Rapat Pra Evaluasi

Image
30 Agustus 2018
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Biro Organisasi setda provinsi menggelar Rapat persiapan evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) bersama jajaran seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Lampung dalam upaya peningkatan peningkatan akuntabiltas kinerja.

Rapat pra evaluasi digelar di ruang Sungkai gedung Balai Keratun, Rabu (29/8).

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Lampung Aris Padila saat membuka Rapat pra evaluasi mengatakan, tujuan evaluasi merupakan keharusan dalam upaya meningkatkan akuntabilitas kineja terhadap OPD atau pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran sebagai terwujudnya pemerintahan yang berorientasi dengan hasil baik, ujar Aris Padila.

Keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam mewujudkan tata kelola pemerihtahan yang lebih baik dan kemampuan yang telah dicapai, itu yang akan di nilai dan menjadi bahan evaluasi, kata dia.

Untuk komponen Sistem Akuntabiltas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) yang akan dievaluasi seperti, perencanaan kerja,pengukuran kinerja,pelaporan kinerja,evaluasi kinerja serta capaian kinerja, jelas dia.

Sedangkan komponen RB contoh penilaian seperti, manajemen perubahan,penataan peraturan undang undang,penataan dan penguatab organisasi, penataan tata laksana,penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabiltas, pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik, kata dia.

"Pak Gubernur berharap semua OPD melahirkan capaian penilaian kinerja yang lebih baik, maka perlunya koordinasi dalam mewujudkan itu," kata Aris Padila.

minimal hasil capaian penilaian dipertahankan, tapi semaksimal mungkin ditingkatkan, harap dia.

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Kelembagaan dan analisis jabatan menambahkan, untuk rekomendasi Kemenpan RB terhadap SAKIP, Pemprov Lampung telah melakukan penyempurnaan pada IKU instasi, IKU level OPD hingga indikator kinerja pada level  esselon III dan esselon IV, sehingga diharapkan adanya keselarasan penjabaran, kata Wiryono.

"Ya termasuk memperbaiki mekanisme perencanaan atas pertimbangan efektivitas dan mendorong budaya sebagai kontrol," tambah Wiryono.

Selain itu, rekomendasi terhadap RB seperti,memerintahkan tim dalam penyusunan rencana aksi dan memantau dalam bentuk konkrit, penilaian kemajuan termasuk perumusan, tandas dia.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) pengembangan kinerja Hidayatika mengatakan, untuk hasil penilaian capaian baik SAKIP maupun RB di tahun 2017 capaian penilaian Cc sebaiknya terus ditingkatkan menjadi B, proses pelaksanaan,perencanaan dan evaluasi harus dilaksanakan sebaik mungkin, kata dia.

Karena, pada awal bulan September Kemenpan RB akan hadir bersama kita di Lampung, kita berharap rapat pra evaluasi menjadi proses saling membenahi capaian kinerja, singkat dia.(HD)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Menkop dan UMKM…

17 September 2018
Post

Pemprov Buka Kuota…

14 September 2018
Post

Dinsos Lampung Ikuti…

14 September 2018
Post

Pj. Sekretaris Daerah…

14 September 2018

Kurs Dolar