Setwan DPRD Lampung Bangun Komunikasi dan Pelayanan Publik Melalui Bakohumas

Image
30 Agustus 2018
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung membangun dua arah terjalinnya komunikasi antar pemerintah dan masyarakat publik secara tepat guna membangun dalam memajukan daerah di Provinsi Lampung melalui  Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di Swiss Bel hotel Bandarlampung, Kamis (30/8).

Pembukaan Bakuhumas Sekretatiat DPRD Provinsi Lampung yang mengundang insan pers,masyarakat serta pengurus humas isntaansi pemerintah maupun swasta dan BUMN di buka oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol sekretariat DPRD Drs.Ichan.M.Si. mewakili Sekretaris Dewan (Sekwan) Kherlani.SE.MM.

Kabag humas dan protokol sekretariat DPRD Ichan dalam sambutan pembukaan Bakohumas mengtakan, dalam hal ini pemerintah merupakan wadah organisasi yang memiliki kekuasaan dalam membuat dan menerapkan hukum serta UU di wilayah, namun peran pers merupakan wahana komunikasi masaa yang bertugas mencari data dan meliput serta mengokah data sekaligus  menyampaikan informasi ke publik atas payung hukum sesuai UU Nomor 40 tahun 1999, ujar dia.

Sedangkan masyarakat, merupakan kumpulan individu individu yang secara bersama dan memperoleh kepentingan bersama dalam tatanan kehidupan yang memiliki norma norma serta kaidah agama.

"Visinya menjalin komunikasi dua arah antara pemerintah maupun masyarakat secara harmonis dan baik berdasarkan kebijakan," kata Ichan.

selain itu, memaksimalkan peran fungsi kehumasan,transparansi kinerja maupun menghidupkan koordinasi dalam konteks pembangunan.

Secara inti, kata Ichan, peran pers bersama pemerintah saling bergantung antar satu sama lain begitupun antara pers bersama masyarakat, jelas dia.

Media kita harapkan dapat menyampaikan informasi yang berimbang untuk masyarakat publik agar tidak adanya unsur yang membertkan satu pihak, harap dia.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Lampung Ir. Ahmad Chrisna Putra NR,M.EP. mengatakan, Bakuhumas merupakan bagian yang terpenting dalam suatu pemerintahan untuk mencapai good goverment dan good govermance, maka untuk mencapai itu harus ada forum yang tertata dan berjalan dengan baik yang dijadikan  jembatan  dalam menyatukan seluruh aspirasi kehumasan dan pemerintah, ujar dia.

" Mau tidak mau kita dan forum Bakohumas harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi (IT), karena pola dan perubahan zaman saat ini tergantung dengan IT,"  kata Chrisna Putra.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Lampung Ririn Kuswantari menambahkan, fungsi dan peran humas di jaman era digital dengan era sebelumnya tentu beda dan saat ini banyak tantangan dan gagasan ide, sesuai kemajuam IT, kata Ririn Kuswantari.

"Merubah mindset sistem kerja dan komunikasi harus lebih aktif sesuai perkembangan IT,"  tambah Ririn.

Ririn meminta ada terbangunnya kemajuan peran dan kemajuan humas bersama media, sehingga kegiatan anggota dewan termasuk penyampaian aspirasi tepat sasaran ke publik, jelas dia.

Saat ini kata dia, bukan lagi dua arah komunikasi, karna era digital lebih efektif dengan pola komunikasi  cyber comunity, tambah dia.

Menurut dia, sudah saatnya hasil kerja pemerintahan dan institusi DPRD agar berbagai kegiatan,rapat paripurna bahkan aspirasi sampai di pubblik dengan baik dan benar. bangun koordinasi bila memungkinkan siapkan ruang media sebagai ruang interaktif dan penyampaian kegiatan, papar dia.

Lakukan dan maknai jalannya peran terbangunnya komunikasi seperti, membangun komponen komunikasi,etika komunikasi,tahapan komunikasi hingga model dan sistem komunikasi yang searah dengan tujuan membangun yang posisitif, terang dia.

Seperti halnya pembicaraan terkait pansus tindak pidana pilkada Lampung 2018 yang intinya kami berpedoman pada  ketentuan dalam Rapat paripurna. Kegiatan kegiatan anggota dewan, baik aspirasi maupun rapat dengar pendapat, hal ini yang harus dibangun bersama agar masyarakat publik tau peran dan fungsi legeslatif dan peran kinerja Sekretariat DPRD, tandas dia.(HD)

Bagikan