Provinsi Lampung Kehilangan Putra Terbaik Meninggalnya Mantan Sekda Nurdin Muhayat

Image
30 Oktober 2018
Inna lillahi wa inna illahi rojiun, Provinsi Lampung kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, Mantan Walikota Bandar Lampung periode 1986-1995 dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Nurdin Muhayat pada era kepemimpinan gubernur Poedjono Pranyoto, meninggal dunia pada usia 79 tahun, Senin (29/10) sekitar pukul 10.50 WIB di Rumah Sakit Graha Husada Bandar Lampung. Recananya jenazah akan disemayamkan  di rumah duka Jalan Juanda Nomor 5 Pahoman, Bandar Lampung.

Kabag Humas dan Komunikasi Publik Heriyansyah mengatakan Almarhum merupakan sosok abdi Negara yang disiplin, pekerja keras, periang, ramah dan penuh tanggung jawab dalam mengemban amanah.  

“Semoga Allah SWT mengampuni semua khilaf dan salah, menerima amal ibadahnya dan kerja keras serta perjuangan almarhum dalam memajukan Provinsi Lampung, dan menjadi ladang ibadah dan amal bakti di hadapan Allah SWT,” ujar Heriyansyah di ruang kerjanya.

Almarhum Nurdin Muhayat adalah Walikota Bandar Lampung Periode 1986-1995. Pria kelahiran 20 Januari 1939 ini merupakan putra sulung dari dua bersaudara dari pasangan Hi. Muhayat dan Hj. Harimbi.

Ia mengawali kariernya di Birokrasi pada tahun 1963 sebagai Asisten Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran. Kariernya di birokrasi terus memuncak hingga pada tahun 1986 ia dipercaya menjadi Walikotamadya Karya Tingkat I Bandar Lampung pada tanggal 3 Juni 1986. Untuk kedua kalinya ia menjabat sebagai Wali kota Bandar Lampung pada tanggal 17 Mei 1991 hingga tahun 1995 ia diangkat sebagai Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Provinsi Lampung.

Saat memimpin sebagai Wali kota Bandar Lampung banyak prestasi-prestasi yang telah dibukukan oleh H. Nurdin Muhayat, tidak hanya di Provinsi Lampung tetapi juga di tingkat Nasional.

Pada masa kepemimpinannya pula Bandar Lampung dihiasi dengan taman-taman kota yang hijau dan asri yang tersebar di pusat dan sudut kota.

Pembangunan taman kota di Bandarlampung merupakan awal dari program dan ide almarhum, tandasnya.(HD)

Bagikan