Pemprov Lampung Gelar SAKIP dan Evaluasi Reformasi Birokrasi

Image
03 November 2017

Pemerintah Provinsi Lampung melalui biro Organisasi Setdaprov Lampung menggelar rapat koordinasi Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) dan evaluasi Reformasi Birokrasi bersama seluruh Bupati dan Walikota serta Organisasi Perangkat Daerah(OPD) di gedung Balai Keratun,Kamis (2/11).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Sutono dalam sambutan mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, Kita bangga karna Provinsi Lampung mendapat perhatian kehadiran tim Evaluator Kementrian PAN RB dalam rangka evaluasi Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah(SAKIP) sekaligus Reformasi Birokrasi, ujarnya.

Menurut Sutono,penguaatan akuntabilitas kinerja merupakan program dalam rangka Reformasi Birokrasi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih,kata Sutono. Selain itu,tentu tatanan pemerintah yang bersih menjadikan bebas dari KKN,tambahnya. "Kinerja OPD selayaknya ada evaluasi SAKIP," kata Sutono

Dia berharap pemaparan dan orientasi pelaksanaannya mesti saling memotivasi dan didukung dengan baik, harapnya. Sementara, Kepala Biro Organisasi Setdaprov Lampung Aris Padila mengatakan, tujuan dari evaluasi SAKIP dan RB sebagai pengetahuan dalam memperoleh informasi tentang implementasi SAKIP dan RB di Provinsi Lampung, ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk menilai tingkat implementasi SAKIP dan RB, memberikan saran perbaikan guna meningkatkan implementasi SAKIP dan RB, tambahnya.

Selanjutnya memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi dari periode sebelimnya,urainya. "Ya,di tahun 2015 Lampung dinilai dari hasil evaluasi SAKIP dan RB 51, 14 (CC) dan 2016 dinilai 60,33 (B), artinya masih harus diperbaiki,"kata Aris Padila.

Langkah selanjutnya, pemerintah Provinsi Lampung terus memperbaiki dengam melakukan sosialisasi, bimbingan teknis, coaching pada perangkat daerah baik di pemprov Lampung maupun di Kabupaten/kota.

Asistensi perbaikan juga dilakukan dalam perbaikan dokumen SAKIP, dari perencanaan kinerja, perjanjian kinerja, pengukutan kinerja, cascading hingga pelaporan termasuk finalisasinya monitoring,paparnya.

"Untuk pembuatan sistem aplikasi E-SAKIP kami telah selesai sejak bulan November 2017,Alhamdulillah," kata Aris Padila

Sebagai tindak lanjutnya, pemerintah Provinsi Lampung berupaya melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap delapan area perubahan, seperti, mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tatalaksana, SDM aparatur, peraturann perundang undangan serta pelayanan publik, pungkasnya.

Hadir dalam acara Evaluasi sistem SAKIP dan RB,Asisten deputi koordinasi pelaksanaan kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas aparatur dan pengawasan Nadimah, Tim evaluator Kementrian PAN RB serta seluruh kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/kota.
(HD)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Gubernur Ridho Kembali…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Penutupan Diklat PIM…

21 November 2017
Post

Deklarasi Insurance Day

21 November 2017

Kurs Dolar