Pemprov Lampung dan Tim Bencana DPR RI Sepakat Tangani Korban Tsunami

Image
04 Maret 2019

Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersinergi bersama Tim Pengawas Bencana DPR RI, menangani bantuan pasca bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2018. Hal itu terungkap saat Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, menerima kunjungan Tim Pengawas Bencana DPR RI ke Provinsi Lampung, di Kantor Gubernur Lampung, Jumat (1/3/2019).

"Pihak Tim Pengawas Bencana DPR RI mencari data terkait apa yang dilakukan pemerintah daerah dan bagaimana penyaluran serta koordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan bencana di Lampung," ujar Taufik.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui organisasi perangkat daerah terkait bersama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan merancang sejumlah tahapan proses pemberian bantuan, mulai dari tanggap bencana hingga proses pemulihan terus dilakukan. "Kita jelaskan mulai dari proses tanggap darurat kemudian penanganan pasca tanggap darurat, sampai upaya pembangunan kembali hunian tetap para korban. Kita juga melakukan pendistribusian baik sandang maupun pangan," kata Taufik.

Pada kunjungan itu, Tenaga Ahli Tim Pengawas Bencana DPR RI, Lalu Fahrurrozi, mengatakan Tim Pengawas Bencana DPR RI yang diketuai Fahri Hamzah yang juga Wakil Ketua DPR RI fokus terhadap tiga hal. "Pertama terkait mitigasi bencana, lalu implementasi bantuan pemerintah terhadap korban bencana yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya Provinsi Lampung, utamanya seperti untuk korban yang meninggal mereka mendapat santunan dan bantuan logistik dari pemerintah," ujar Lalu Fahrurrozi.

Selanjutnya, Fahrurrozi menyebutkan terhadap fokus yang ketiga yakni melakukan pengecekkan sejauh mana efektivitas UU Penanggulangan Bencana. "Kita ingin mendapatkan informasi dan masukan dari pemerintah maupun masyarakat," kata dia.

Dia juga menyampaikan dalam mengumpulkan data terkait hal apa saja yang dilakukan Pemerintah Daerah, bersama dengan tim nya akan segera menuju ke lokasi terjadinya bencana. "Kami ada beberapa informasi dari Provinsi dan Kabupaten terhadap progres yang dilakukan, dan itu akan didalami dan kita akan ke bawah (lokasi, red) langsung," ujar dia. 

Bagikan