Pemprov Lampung dan Sumatera Utara Tandatangani MoU Integrasi e-Planning dan e-Budgeting

Image
10 Mei 2018

Pemerintah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara menandatangani MoU Integrasi Aplikasi Sisten Perencanaan (e-Planning) dan Sistem Penganggaran (e-Budgeting) hari ini di Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/5/2018). Penandatanganan dilakukan oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ibnu S. Hutomo dan Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis setelah kemarin, Selasa (8/5/2018) melakukan pembahasan Draft MoU di Kantor Gubsu Sumatera Utara.

Kerjasama yang disepakati adalah kerjasama dalam bidang Teknologi Informasi, yaitu penerapan perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik berupa aplikasi e-Planning dan e-Budgeting. Sumatera Utara sendiri merupakan salah satu Provinsi yang direkomendasikan oleh KPK sebagai contoh provinsi dengan penerapan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting yang sudah cukup baik.

Menurut Hamartoni, kerjasama ini merupakan tahapan penting dalam melaksanakan rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara. “Pemerintah Provinsi Lampung akan mengadopsi integrasi aplikasi e-Planning dan e-Budgeting yang telah berhasil diterapkan di Provinsi Sumatera Utara. Di Lampung akan mulai diterapkan awal tahun 2019,” kata Hamartoni.

Integrasi kedua aplikasi ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hamartoni berharap, penerapan sistem aplikasi perencanaan dan penganggaran ini dapat membuat sistem perencanaan pembangunan daerah di Provinsi Lampung dapat saling terintegrasi.




Bagikan