Pemprov Gelar Bazar Pangan Murah di Jatiagung Lamsel

Image
04 Juni 2018

Menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Bazar Pangan Murah, di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan, Senin (4/6). Bazar tersebut bertema “Dengan Bazar Pangan Murah Kita Tingkatkan Akses Pangan Masyarakat”.

Menurut Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Kusnardi, dipilihnya Jatimulyo sebagai lokasi bazar disebabkan daerah tersebut merupakan penyangga Kota Bandar Lampung yang pasti akan terkena/berdampak langsung dengan adanya perubahan pola konsumsi pangan masyarakat terutama pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Perubahan pola konsumsi masyarakat ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu adanya keinginan rumah tangga untuk menyajikan menu khusus, permintaan bahan pangan pokok keterkaitan dengan paket sembako menjelang idul fitri. Antisipasi kelangkaan bahan pokok setelah hari besar keagamaan nasional, Ketidaklancaran pasokan (distribusi) dan keterbatasan penyediaan di lapangan,” jelas Kusnardi.

Ia menjelaskan dengan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan maka akan berbanding lurus dengan kenaikan harga, sedangkan kenaikan harga akan berbanding terbalik dengan kemampuan/daya beli masyarakat.

“Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung melakukan gelaran pasar murah ini. Adapun yang diperdagangkan merupakan bahan pangan beserta komponen pemdukung lainnya seperti gas, minyak goreng dan lain sebagainya,” ujarnya.

Bahan pangan yang diperdagangkan secara garis besar dibagi menjadi 2 (dua) macam yaitu bahan pangan yang bersubsidi dan bahan pangan yang non subsidi. Bahan pangan yang bersubsidi dapat dibeli oleh masyarakat sebesar Rp55.000,- yang terdiri atas telur 1 Kg, Gula Pasir 1Kg, Bawang Merah 1Kg, dan minyak goreng 1 Kg. Sedangkan Bahan pangan dan komponen pendukung yang non subsidi yaitu beras Rp 8.000/Kg, Daging beku Rp 80.000/Kg, Daging ayam Rp 31.000/Kg, Telur ayam ras Rp. 22.000/Kg, Serta Produk dari Perum Bulog dan Indofood.

Pemerintah Provinsi Lampung berharap Bazar Pangan Murah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu khusunya masyarakat Desa Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Sehingga masyarakat tetap dapat memperingati/merayakan hari Raya Idul Fitri dengan bahan pangan yang berkwalitas, aman sehat dan bergizi. (ST)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Dinas Kominfotik Gelar…

11 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Bersama…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Ajak…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Ridho Sambut…

09 Desember 2018
Post

Gubernur Lampung Minta…

09 Desember 2018

Kurs Dolar