Pelayanan Sosial Lanjut Usia

Image
04 April 2017

Keberhasilan pembangunan kesehatan berpengaruh terhadap meningkatnya Harapan Hidup masyarakat Provinsi Lampung. Dengan demikian penduduk lanjut usia populasinya semakin meningkat. Oleh karena itu UPTD-Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PSLU) "Tresna Werdha" yang merupakan UPTD Dinsos Provinsi Lampung terus meningkatkan kinerja dan jangkauan pelayanannya, sehingga tdk hanya memberi pelayanan dalam panti tetapi juga luar panti. Demikian disampaikan oleh Kepala UPTD-PSLU Maman Suparman (4/4/2017) diruang kerjanya.

Selanjutnya diinformasikan oleh Maman bahwa salah satu pelayanan luar panti yaitu melalui pendekatan "day care service". Day care service adalah bentuk pelayanan harian yang diberikan kepada lanjut usia ditempat tinggalnya. Secara rutin sebanyak 75 orang setiap dua minggu sekali para lansia berkumpul di PSLU.

Kegiatan yang dimulai dari jam 7.00 s/d 14.00 diawali dengan senam lansia, break snack, ceramah baik agama ataupun kesehatan, ketrampilan, bermain/terapi aktivitas kelompok, pemeriksaan kesehatan dan hiburan (bernyanyi dan joget) serta diakhiri dengan makan siang bersama.

Tujuan kegiatan ini memberikan waktu, tempat dan memfasilitasi lansia dengan harapan dapat mengisi waktu tua dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Sehingga semboyan "Masa Tua Bahagia" dapat tercapai. Kegiatan ini secara medis didukung oleh STIKES Muhammadiyah Pringsewu.

Hidup tetap mandiri menjadi faktor terpenting bagi kehidupan para lansia. Melalui layanan day care service memungkinkan para lansia untuk dapat melanjutkan kehidupan di rumah dan tetap mendapatkan perawatan dan bantuan sesuai kebutuhannya. Demikian menurut Maman. (Ppid-Dinsos).

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Gubernur Berikan Tali…

13 Desember 2017
Post

Pemprov Targetkan 1…

13 Desember 2017
Post

Gubernur Ridho Jenguk…

13 Desember 2017
Post

Persiapan Lampung Fair…

12 Desember 2017
Post

Bappeda Provinsi Lampung…

12 Desember 2017

Kurs Dolar