Menhan Ryamizard Andalkan Kecanggihan Kapal dengan Alutsista Modern AT-4 untuk Menambah Kekuatan TNI

Image
28 Februari 2019

Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menjadikan Kapal Angkut Tank-4 KRI Teluk Lada-521 sebagai bagian integral perkuatan negara dalam menghadapi berbagai ancaman yang berpotensi mengganggu keamanan Negara Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dalam acara serah terima KRI Teluk Lada - 521 dari PT. Daya Radar Utama kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, di PT. Daya Radar Utama Unit Lampung, Panjang, Bandarlampung, Selasa (26/2/2019). 

Acara serah terima tersebut dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat, Kapolda Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Walikota Bandarlampung Herman HN, dan jajaran TNI.

Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menjelaskan Kapal Angkut Tank-4 KRI Teluk Lada merupakan kapal kedua yang dibangun PT. DRU kepada Kementerian Pertahanan RI, sekaligus sebagai bagian integral dalam memperkuat kekuatan Negara. "Kapal AT-4 ini merupakan alutsista modern dan memiliki kekuatan canggih. Dan diharapkan mampu memperkuat kekuatan Angkatan Laut dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan nama baik Republik Indonesia," jelas Menhan Ryamizard.

Lebih lanjut, Menhan Ryamizard mengatakan bahwa Presiden Jokowi ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. "Peluncuran Kapal AT-4 KRI Teluk Lada merupakan program pembangunan kekuatan pertahanan untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, serta sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," jelasnya. 

Ryamizard berharap melalui kerjasama strategis ini, ke depan Indonesia mampu memenuhi kemampuan alutsistanya sendiri. "Dengan adanya sinergitas ini, diharapkan mampu memperkuat kekuatan angkatan laut. Oleh karena itu, kapal AT-4 ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik sebagai kekuatan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan bangsa," harapnya.

Direktur PT. Daya Radar Utama, Amir Gunawan menyatakan bahwa Kapal Angkut Tank-4 KRI Teluk Lada-521 telah selesai, dan siap diserahkan kepada Menteri Pertahanan RI. "Ini menjadi suatu kebanggaan bagi PT. DRU yang telah diberi kepercayaan membangun kapal milik TNI AL. Kami berharap kapal ini bisa menjadi persembahan terbaik dari PT DRU untuk menjaga keamanan dan keadulatan Negara Republik Indonesia," jelas Amir. 

Ia menjelaskan bahwa Kapal AT-4 KRI Teluk Lada merupakan hasil kedua kalinya PT. DRU membangun kapal angkut tank milik TNI AL. "Rencananya akan segera menyusul tiga kapal lagi untuk diluncurkan," jelas Amir.

Lebih lanjut, Amir menuturkan bahwa pihaknya kedepan siap terus bersinergi dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri stratgeis nasional. "PT. DRU akan terus berupaya dalam meningkatkan kemampuan agar selalu menghasilkan produk yang berkualitas, tepat guna, dan tepat waktu. Dan semoga sinergi baik ini dapat terus berjalan untuk ke depannya," harapnya. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengukuhkan Letkol (P) Gunawan Hutauruk sebagai komandan kapal AT-4 Teluk Lada -521.

Bagikan