Kwarda Lampung Berikan Pembinaan Pramuka Peduli ke Kwarcab Tubaba

Image
01 Oktober 2018
Salah satu upaya Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung dalam merealisasikan PP Pramuka Peduli No 230 Tahun 2007 dengan melakukan pembinaan Pramuka peduli di Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat pada Sabtu (29/9) di sekretariat Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat.      

Pembinaan Pramuka Peduli Kwarda Lampung di Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Binawasa Kakak Topari, S.Pd., Sekretaris Cabang Kakak Abdurrani, S.P., M.M., para andalan cabang, para undangan dari instansi terkait yaitu dari utusan BPBD Kabupaten Tulang Bawang Barat, Satpol PP Tulang Bawang Barat, Dinas Pendidikan Tulang Bawang Barat, Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat, Dinas Sosial Tulang Bawang Barat, Damkar Tulang Bawang Barat, Dinas Lingkungan Hidup serta utusan pramuka penegak dari Satuan Karya Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Wirkartika.

Pembinaan Pramuka Peduli dilakukan secara langsung oleh Wakil Ketua VII Bidang Abdimasgana Kwarda Lampung Kakak Drs. Sumardju Saeni, M.Sc. dan para andalan daerah kakak Yuliana Saleh, S.P., M.Si., Kakak Arif Vivi Aningsih, S.Si. dan kakak Muhammad Darja, S.Sos.

Kak Topari S.Pd membuka kegiatan Pembinaan Pramuka Peduli secara resmi dan menyambut dengan hangat kedatangan dari rombongan Kwarda Lampung.

Dalam kesempatan tersebut,Kak Sumardju Saeni memberikan motivasi untuk terbentuknya Satgas Pramuka Peduli di tingkat Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat dan dapat mulai melakukan kegiatan-kegiatan yang berbasis pada pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Menurut Kak Sayuti (andalan cabang urusan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat), target tahun ini diupayakan Satgas Pramuka Peduli di Kwarcab Tulang Bawang Barat akan segera terbentuk dan akan segera di SK kan. Untuk itu, Kwarda Lampung diharapkan dapat membantu mengarahkan terbentuknya unit Satgas Pramuka Peduli berikut dengan cara kerjanya.

Kak Abdurrani juga menegaskan bahwa Ka Kwarcab Tulang Bawang Barat juga mendukung penuh kegiatan pramuka peduli bekerjasama dengan instansi terkait bahu membahu agar kegiatan pramuka dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada kegiatan ini, Sekretaris Bidang Kakak Yuliana Saleh juga mensosialisasikan tentang PP Pramuka Peduli terkait bidang-bidang dalam pramuka peduli berikut dengan contoh-contoh kegiatan terkait Pramuka Peduli dengan menggunakan prinsip 7M yaitu mendidik, mudah, manfaat, murah, massal, mitra kerja dan media massa.

Melalui pembinaan Pramuka Peduli diharapkan setiap anggota pramuka dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, peduli terhadap musibah atau bencana yang melanda, serta dapat membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan kepedulian yang dilaksanakan bersama masyarakat, pemerintah serta lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya.

Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia,

Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.

(HD)

Bagikan