KemenPAN-RB Beri Pendampingan SAKIP Bagi Delapan Kabupaten

Image
03 Mei 2018

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan pendampingan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bagi 8 (Delapan) Kabupaten Se-Provinsi Lampung di hotel Novotel Bandarlampung Kamis (4/5).

Dra. Nadimah, MBA, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemen PAN RB mengatakan, tujuan pendampingan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik pemerintahan Kabupaten agar menyamakan visi dalam mendorong Reformasi Birokrasi sistem, ungkap dia.

Menurutnya, seluruh OPD kedepan tidak lagi diminta minta terkait laporan kinerja dari Biro Organisasi, maka itu, perencanaan sistem kinerja kerja harus tertata dan terkelola dengan baik dan benar.

Delapan Kabupaten di Provinsi Lampung masih belum mendekati penilaian kategori "B" maka adanya pendampingan kita yakini seluruh OPD akan berbenah dalam sistem SAKIP, kata dia.

"Kami dari KemenPAN-RB hanya bersifat membantu pendampingan dengan tujuan SAKIP lebih baik," kata Nadimah.

Menyusun rencana aksi untuk mengawal pelaksanaan kegiatan dalam uoaya mencapai sasaran yang telah diterapkan, maka hasil pendampingan hari ini kita harapkan agar ditindaklanjuti, tandas dia.

Sementara, Asisten Bidang Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan, pemerintah Provinsi sangat menyambut baik adanya pendampingan dikarenakan minimnya kinerja di seluruh OPD masih dinilai rendah dalam pencapaiannya, kata Taufik Hidayat.

"Efisiensi anggaran akan berhasil apabila birokrasi sistemnya telah baik maka itu tidak ada lagi pemborosan," jelas Taufik.

Sistem perencanaan dan penganggaran bagi seluruh pemerintah daerah telah ada saran dari KPK,maka kami berharap bagi peserta seluruh Pemda agar dapat memanfaatkan pendampingan,kata dia.

Menurut Taufik, hanya Metro dan Lampung Barat yang telah menyandang nilai B, selebihnya ada delapan (8) Kabupaten yang masih rendah dengan menyandang nilai "C", beber dia.

Kata Taufik, Kemen PAN RB dan Pemprov Lampung memberikan apresiasi bagi pemerintah Kabupaten yang telah berupaya memperbaiki kinerja dalam sistem SAKIP, pungkas dia.

Hadir dalam pendampingan dan penguatan sistem SAKIP Kepala Biro Organisasi Setda provinsi Lampung Aris Padila.(HD)

Bagikan