Kapolda Kunker ke Tubabar Bahas Pendirian Polres

Image
05 Januari 2017

Masyarakat Tulang Bawang Barat nampaknya harus lebih bersabar untuk mendapatkan pelayanan keamanan dari aparat kepolisian yang maksimal. Pasalnya rencana pembentukan Polres Tulangbawang Barat tahun 2017  belum bisa terlaksana.

Pasalnya, pembentukan Polres oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini masih sangat terbatas. Hal itu diungkapkan Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno, saat meninjau calon lokasi Polres Tubaba di Pagar Dewa, Rabu (04/01).

Kapolda menjelaskan, dalam satu tahun anggaran, se-Indonesia hanya 5 sampai 6 Polres saja yang dapat dibentuk oleh Mabes Polri.

Sedangkan yang muncul saat ini sudah ratusan usulan pembentukan Polres, selaras dengan pemekaran wilayah kabupaten kota di Indonesia.

"Untuk Polda Lampung kemarin kita dapat satu, yakni Pesawaran. Nah, saya tidak tahu Tubaba kapan dapatnya, kalau tahun ini (2017) saya jamin tidak bisa. Tapi, akselerasinya itu bisa dipercepat dengan dorongan seluruh stake holder," terang Sudjarno.

"Jangankan membentuk Polres, membentuk Kepolisian Sektor (Polsek) saja sulit. Bahkan, untuk membentuk Polsubsektor saja harus izin dan ditetapkan oleh Kemenpan- RB (Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi),"cetusnya.

Namun demikian, Sudjarno menyatakan akan menempatkan Liaison Officer (LO) atau Perwira Penghubung pada Kantor Polres Persiapan yang sudah disiapkan oleh Pemkab Tubaba, yakni di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

"Surat perintah untuk LO disini sudah kita buat dan nantinya LO ini yang menghubungkan antara Polres Tulangbawang dengan Pemerintah Daerah dan stake holder yang ada di Tubaba, khususnya untuk menjembatani kebutuhan-kebutuhan terkait dengan masalah-masalah kamtibmas. Sementara hanya itu yang bisa kita lakukan," papar mantan Wakapolda Metro Jaya itu.

Pihaknya juga siap menambah anggotanya di Tubaba jika memang diperlukan ketika terjadi kontijensi (peristiwa) yang berkaitan dengan kamtibmas.

"Kalau kurang lagi anggotanya ya kita back up lagi dari Polres Tulangbawang, kalau kurang ya dari Polda kalau ada kontijensi. Tapi kita tidak mengharapkan itu (kontijensi), Tubaba yang masih relatif muda baru 7 tahun. Mudah-mudahan bisa membangun lebih cepat dan dari kacamata kamtibmas saya berharap Tubaba dapat selalu kondusif sampai kapanpun,"pungkasnya.(TN)