Kadis PP dan PA Bayana Terima Audiensi Forum Puspa, Jalin Sinergi Implementasikan Program Three End

Image
18 Januari 2019

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Dinas PP dan PA) Provinsi Lampung  membangun sinergitas bersama Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) setelah berhasil mengimplementasi program unggulan Three Ends di masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PP dan PA Provinsi Lampung Dra. Bayana, M.Si., saat menerima kunjungan Ketua Puspa Lampung Dr. Ari Darmastuti, MA beserta jajarannya di ruang rapat Dinas PP dan PA Provinsi Lampung Kamis, ( 17/01). 

Forum Puspa dan Dinas PP dan PA berhasil menerapkan Program Three Ends melalui Pelatihan urban farming , Forum Konselor Sebaya, membentuk embrio di Kelurahan ramah anak, pelatihan ekonomi kreatif bagi masyarakat dan remaja pada tahun 2018 lalu.



SepertI diketahui, Three Ends merupakan program unggulan Kementerian PP dan PA yaitu End Violence Against Women and Children atau akhiri kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, End Human Trafficking atau akhiri Perdagangan Manusia, dan End Barriers To Economic Justice (Akhiri Kesenjangan Ekonomi terhadap perempuan).

“Saya berharap Puspa sebagai mitra Dinas PP dan PA dan mitra kerja Pemerintah Provinsi Lampung terus membangun sinergitas antar lembaga dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” kata Bayana.

Dukungan Pemerintah Provinsi tidak hanya pada legalitas kelembagaan tetapi juga menyediakan kantor bagi Forum Puspa di Dinas PP dan PA Provinsi Lampung.

“Pemerintah Provinsi Lampung akan memfasilitasi dan mendukung Forum Puspa sebagai wadah bagi berbagai elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi aktif, menyamakan persepsi dan bekerja sama untuk mengatasi permasalahan perempuan dan anak, di antaranya trafficking, kekerasan, prostitusi, pernikahan dini, putus sekolah pada anak perempuan, ekspoitasi, dan kematian ibu dan anak”, lanjut Bayana.

Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, sinergitas Pemerintah dan Forum Puspa memiliki jangkauan yang lebih luas, memiliki lebih banyak mitra untuk saling bertukar ide dalam konteks perempuan dan anak, membangun sinergi nyata dengan sesama lembaga masyarakat terkait inovasi bagi perempuan dan anak. 

Senada dengan Kadis PP dan PA Ari Darmastuti menyampaikan meskipun Forum Puspa Provinsi Lampung baru terbentuk sekitar satun tahun namun kiprahnya sudah dirasakan masyarakat. “Kami baru mendapatkan data bahwa program – program yang telah kita lakukan pada tahun lalu hingga saat ini masih diteruskan, khususnya di Kampung Enggal Bandar Lampung” terang Ari.

Ari juga menambah akan melihat keberhasilan yang telah di capai pada tahun lalu, Dinas PP dan PA dan forum Puspa akan menambah isu baru yang akan menjadi prioritas. Untuk program 2019 direncanakan akan melakukan pendampingan terhadap anak – anak yang memiliki masalah sosial, kelengkapan surat – menyurat dan bukti kelahiran di Kecamatan Panjang Bandar Lampung.

Bagikan