Harkonas Jadikan Konsumen Cerdas di Era Digital

Image
11 Mei 2018

Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke 6 tingkat Provinsi Lampung yang mengusung tema menjadikan "Konsumen Cerdas di Era Digital" sebagai perlindungan diri dari barang atau jasa yang merugikan.

Plt.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mewakili Pjs.Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan,  hal itu agar konsumen memiliki hak dan kewajibannya dan mampu melindungi diri dari barang dan jasa yang merugikan konsumen, ungkap dia.

Puncak peringatan Harkonas ke 6 tingkat Provinsi Lampung diwarnai dengan senam masal dilingkup Pemerintah Provinsi sekaligus pemberian door prize bagi peserta senam masal sebagai bentuk mewujudkan visi suksesnya perlindungan bagi konsumen.

Menurut Hamartoni, Klasifikasi konsumen cerdas tentunya hanya membeli produk produk yang sesuai ketentuan dan mengutamakan produk dalam negeri,apalagi di era digital saat ini, kata Harmartoni Ahadist.

"Era digitilasasi  dalam penyediaan infrastruktur perlindungan konsumen harus terus dibangun melalui penyediaan informasi," tegas Hamartoni Ahadis dalam sambutannya, Jum`at (11/5).

Jadi,kata dia,pelayanan bentuk informasi tersebut, harus dapat diakses kapanpun oleh masyarakat, tandas dia.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Provinsi Lampung Ferynia menambahkan, bicara perlindungan, kita terus upayakan adanya sistem pengawasan yang memadai,baik pengawasan market yang tertuju pada pengawasan dan peraku usaha maupun perilaku konsumen, kata Farynia.

"Kita juga telah memetakan potensi kerawanan terhadap perilaku produsen yang dapat merugikan konsumen," tegas dia.

Perlindungan konsumen terhadap suatu produk yang ada dipasaran tentu meliputi,SNI,label atau tata cara penjualan produk atau kartu garansi maupun garansi standar serta klausulah yang baku, ungkap dia.

Kata Ferynia, pada puncak Harkonas secara nasional ke 6 di tahun 2018 ini, telah dilaksanakan di kota Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 22-24 April lalu, kata dia.

Konsumen pada era Digital ini, harus menjadi konsumen cerdas terutama menjelang bulan Suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri mendatang,pungkasnya.(HD)

Bagikan