Gubernur Ridho Imbau OPD Menyiapkan Pojok Baca dan Menata Kearsipan Secara Profesional

Image
09 April 2019

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se- Provinsi Lampung menyiapkan perpustakaan atau pojok baca di masing-masing OPD dan tempat pelayanan umum.

Imbauan Gubernur diungkapkan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Fahrizal Darminto dalam Upacara Mingguan di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (8/4/2019) di Lapangan Korpri Kantor Gubernur.

“Hal ini penting dilakukan karena perpustakaan berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa juga dalam menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi lebih tinggi,” ujar Fahrizal.

Fahrizal mengatakan, saat ini kapabilitas perpustakaan juga mengalami perubahan ke arah transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. “Transformasi dimaksud diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya dan potensinya yang dimilikinya.,” ujarnya.

Selain melaksanakan transformasi di Bidang Perpustakaan, Fahrizal juga mengatakan Provinsi Lampung harus melakukan transformasi di bidang kearsipan agar lebih profesional. Salah satunya memahami slogan “Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa”.

Tertib arsip, lanjut Fahrizal, memiliki makna yang sangat penting dan mendalam, karena arsip merupakan salah satu bagian dari progam pemerintah yaitu Program Reformasi Birokrasi.

“Oleh karena itu, saya mengimbau setiap OPD menyiapkan tenaga pengelola arsip dan tenaga fungsional arsiparis agar dapat menata, memelihara serta dapat memilah mana yang dapat dijadikan arsip statis atau mana yang harus dimusnahkan sebagaimana perundangan-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan jika pembangunan Gedung Perpustakaan Modern dan Multi Fungsi di Jl. Z.A. Pagar Alam, Labuhan Ratu, diperkirakan akan selesai akhir tahun 2019.

Bagikan