Gubernur Ridho Buka Perdagangan Pasar Kopi Robusta Lampung ke Eropa Timur

Image
09 Desember 2018

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo  memperkenalkan kopi robusta Lampung ke Eropa khususnya Kroasia. Terobosan ini dilakukan mengingat masyarakat Kroasia merupakan penikmat dan suka mengkonsumsi kopi. 

"Kopi robusta memiliki kesempatan dan peluang besar beredar di Eropa, khususnya Kroasia. Kopi merupakan konsumsi masyarakat Kroasia setiap hari," ujar ?Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh  untuk Kroasia-Zagreb Sjachroedin ZP pada penjajakan peluang peningkatan perdagangan komoditi ekspor Provinsi Lampung ke Kroasia dan negara Eropa Timur,  di Ruang Rapat Utama Gubernur, Jumat (7/12).

Sjachroedin menjelaskan sebagai perwakilan Indonesia untuk Kroasia, dia akan berjuang untuk Lampung. Termasuk menjajakkan kopi robusta Lampung di Kroasia melalui festival dan pameran. 

"Kopi memiliki peluang besar  masuk Kroasia. Tidak hanya kopi, kita juga akan menjajakkan produk Lampung lainnya, seperti kripik pisang, sawit, karet, dan produk lainnya. Selain itu, kami juga akan menawarkan berbagai bidang lain seperti pariwisata, budaya dan pertanian," jelas Komjend Pol (Purn) Drs.Sjachroedin ZP yang juga mantan Deputy Ops Mabes Polri.

Mantan gubernur Lampung dua periode itu mengharapkan Satuan Kerja (satker) terkait dan para pelaku usaha dapat langsung mengikuti pameran dan festival. Sehingga, dapat bertemu langsung dengan para pelaku usaha Kroasia. 

Sjachroedin menegaskan bahwa, di kroasia hanya ada jenis pisang ambon saja, Lampung begitu banyak jenis pisang yang bisa kita bawa ke Kroasia, karena saya merasa berdosa jika sebagai putra Lampung tidak memberikan kontribusi yang baik yang bisa dikenal di Eropa.  Untuk itu kata Sjachroedin saya bawa staf saya yang ahli menangani perdagangan dan perekonomian, pungkas Sjachroedin.



Sementara, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerangkan bahwa, Provinsi Lampung memiliki banyak potensi produk yang mampu diekspor ke Eropa, khususnya Kroasia. Misalnya, kopi, sawit, nanas, karet, dan produk unggulan lainnya.

"Berbagai upaya dalam peningkatan pembangunan di Provinsi Lampung dan banyaknya peluang potensi ekspor produk Lampung akan terus didukung, termasuk ekspor produk dari  Lampung ke Eropa khususnya Kroasia. Hal itu sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Lampung," ujar M Ridho Ficardo gubernur Lampung.

" Pola atau sistemnya kita akan lihat dan mencari cara mudah,hemat biaya agar semua produk asli Lampung bisa diperdagangkan di Kroasia," singkat gubernur M Ridho Ficardo.

Sementara itu, menurut staf bagian Perekonomian KBRI Kroasia, Elbanita Ruru, produk Lampung memiliki potensi besar untuk dapat masuk ke Kroasia, khususnya kopi. "Masyarakat Kroasia merupakan pecinta kopi, karena setiap hari mereka mengonsumsi kopi. Robusta Lampung memiliki peluang besar untuk masuk ke Kroasia, kita akan bantu semaksimal mungkin agar berbagai produk asli Lampung terbuka di Kroasia," jelas Elbanita Ruru.

Tidak hanya Kopi, Elbanita Ruru menjelaskan KBRI Kroasia akan menjajakkan berbagai produk Lampung melalui pameran dan festival. "Untuk itu para pelaku usaha dan satker terkait diharapkan dapat langsung ke Kroasia dalam mengikuti kegiatan festival seperti pameran Place2Go dan pameran kopi Zagreb. Melalui kegiatan tersebut, nanti akan diadakan bisnis forum dengan mengundang pengusaha dari Kroasia, dengan harapan adanya kerja sama perdagangan Lampung-Kroasia," kata dia.

Bagikan