Gubernur Lampung Buka UPSK di Mesuji

Image
01 November 2017

 

Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan dan sarasehan bagi penyandang. Kegiatan ini sangatlah penting dilaksanakan karena untuk mengetahui kondisi dan data penyandang disabilitas yang akurat. Adapun pelaksanaannya dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari para ahli dan praktisi disabilitas juga psikolog, pekerja sosial, dokter, perawat dan Pekerja Sosial Masyarakat dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecacatan. Demikian arahan Gubernur Lampung yang dibacakan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni (31/10/2017) pada saat Pembukaan UPSK di Kabupaten Mesuji.

Gubernur mengharapkan kepada masyarakat khususnya orang tua/keluarga penyandang disabilitas untuk berkonsultasi dengan Tim UPSK sehingga penyandang disabilitas dapat ditangani secara manusiawi menuju kemandirian.

"Saya mengharapkan, semoga peserta UPSK dapat memeriksakan kesehatannya dan berkonsultasi mengenai apa yang menjadi hambatan yang dirasakan dalam aktivitas sehari-hari dan dapat mendapat solusi atas masalah yang dihadapi agar setelah mengikuti kegiatan UPSK peserta dapat memperoleh pelayanan sosial sedini mungkin" harapnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Lampung secara simbolis menyerahkan bantuan alat mobilitas penyandang disabiltas berupa kursi roda, alat bantu dengar juga tongkat putih. Sedangkan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah temuan Tim UPSK.

Sementara itu Wakil Bupati Mesuji Hi.Saply.TH dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung yang telah mengalikasikan kegiatan UPSK di Kabupaten Mesuji ini. Dimana menurut panitia kegiatan ini pada tahun 2017 hanya dialokasikan di Kabupaten Mesuji. Untuk itu kepada Kepala Desa/Lurah, Camat dan organisasi sosial kemasyarakatan untuk menginformasikan kepada masyarakat khususnya keluarga penyandang disabilitas untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini. Karanya.

Diinformasikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Lampung Ratna Fitriani bahwa Tim UPSK akan keliling di beberapa Kecamatan dan Desa Sampai dengan tgl. 4 November 2017. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Pelatihan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) selama 3 hari yang diikuti sebanyak 30 orang. Kader RBM ini nantinya sebagai pusat informasi penanganan dan rehabilitasi sosial serta rujukan bagi penyandang disabilitas khususnya di Kabupaten Mesuji.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji Jaya menginformasikan bahwa acara ini dihadiri oleh Kepala OPD terkait, para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Mesuji. Disamping itu para TKSK, PSM menghadirkan para penyandang disabilitas dan keluarganya.

Menurut Jaya kegiatan ini dipandang sangat bermanfaat; khususnya merupakan motivasi tersendiri bagi difabel dan keluarganya bahwa difabel juga mampu berkarya. Katanya (Ppid-dinsos).

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Gubernur Ridho Kembali…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Penutupan Diklat PIM…

21 November 2017
Post

Deklarasi Insurance Day

21 November 2017

Kurs Dolar