Gubernur Kampanyekan GERMAS di Pringsewu

Image
17 Mei 2017

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS merupakan upaya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam menggalakan kembali gaya hidup sehat yang dimulai dari lingkungan terkecil dimasyarakat, yakni keluarga.

Germas kali ini dipusatkan di Lapangan Kuncup, Kabupaten Pringsewu, Rabu (17/05/2017). Dalam sambutannya, Gubernur Ridho menyatakan, Kesehatan merupakan landasan utama agar dapat melakukan semua kegiatan dengan maksimal.

"Kesehatan merupakan landasan utama untuk melakukan segala kegiatan, kalau tidak sehat bagaimana mau belajar, bagaimana mau bekerja. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan." papar Ridho.

Dalam kegiatan yang dilakukan kesekian kalinya tersebut, Ridho selalu mengingatkan dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali menggalakan gerakan hidup sehat.

Kegiatan Germas kali ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai lapisan masyarakat di Kabupaten Pringsewu, Dea Oktafiana dari SMA Negeri 2 Pringsewu menyatakan ungkapan terimakasih kepada Bapak Gubernur M.Ridho Ficardo yang telah menyelenggarakan acara tersebut, Dea berharap kegiatan seperti ini lebih diperbanyak agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya kesehatan.

Seperti kegiatan Germas yang telah dilaksanakan di kabupaten lainnya, Germas kali ini diisi dengan kegiatan makan buah bersama dan senam bersama. Selain itu ada juga kegiatan cek kesehatan gratis, sunatan masal, dan pemberian santunan kepada masyarakat.

Sementara itu, laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr Hj. Reihana, M.Kes menyatakan menyatakan ada sejumlah anggaran kesehatan provinsi yang diperuntukan bagi Kabupaten Pringsewu berupa program perbaikan gizi masyarakat senilai Rp.369.225.000, program obat dan pembekalan kesehatan senilai Rp.229.468.126, Program pemberantasan penyakit senilai Rp.115.000.000, Program sanitasi senilai Rp.216.000.000, Program pelayanan kesehatan perorangan senilai Rp.150.639.200, dan program Aksi deteksi dini kanker serviks dan payudara senilai Rp.14.895.000. ( TMMRF )