Gubernur Gelontorkan 6 M untuk Petani

Image
09 April 2017

Rembug Tani adalah ajang silahturahmi dan menambah wawasan serta kemampuan kognitif petani, ujar Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat menghadiri kegiatan Rembug Tani 2017 di Lapangan Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu (09/04/2017)

Kegiatan Rembug tani yang didukung oleh Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) bertujuan untuk menyatukan para petani, penyuluh, gapoktan, dan jajaran pemerintah Provinsi Lampung untuk berdiskusi mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang di hadapi petani dilapangan.

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam sambutannya menyatakan, rembug tani adalah ajang silahturahmi sekaligus menambah wawasan serta kemampuan kognitif para petani di Lampung.

"Banyak terimakasih kepada petani Lampung yang telah banyak berjasa. Karena kerja keras petanilah saat ini Provinsi Lampung menempati posisi No-4 se-Indonesia untuk surplus hasil pertanian". kata Ridho.

Ridho juga menyatakan, perhatian kita tidak hanya pada para petani yang ada saat ini, tapi kepada generasi berikutnya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa pertanian.

"Ada 125 mahasiswa polinela yang mendapatkan beasiswa setiap tahunnya, gratis, bukan hanya 100% tapi 200% karena termasuk semua kebutuhannya kita bantu." Ucap Ridho.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Ridho meresmikan peluncuran beras premium Lampung ke Toko Tani Indonesia (TTI) Lampung dan Jabodetabek. Yaitu sejumlah 175 ton perbulan ke Jabodetabek, dan 100 ton perbulan ke Lampung.

Gubernur Ridho juga memberikan bantuan tunai Rp. 6.8 Miliar ke 55 Gapoktan di 7 Kabupaten/kota Se-Provinsi Lampung dengan rincian 21 Gapoktan di Lampung Selatan sebesar 3.6 Miliar, 8 Gapoktan di Lampung Tengah sebesar 680 juta, 10 Gapoktan di Lampung Timur sebesar 1.2 Miliar, 5 Gapoktan di Tanggamus sebesar 500 juta, 4 Gapoktan di Pesawaran sebesar 340 juta, 6 Gapoktan di Pringsewu sebesar 960 juta, dan 60 juta untuk Kota Bandar Lampung.

Bapak Jumiran, seorang petani dari Kelompok Tani Subur Karya mengucapkan terimakasih kepada bapak gubernur atas semua bantuan yang telah diberikan, sebelumnya pak Jumiran telah menerima bantuan berupa sumur bor untuk mengatasi masalah pengairan.

(TMMRF)