Gubernur Buka Seminar Advocaty Measles Rubella Phase 2 And Vaccine

Image
19 Juli 2018
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang diwakili Asisten bidang Pemerintaha  Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  Herry Suliyanto membuka seminar asvocaty meeting on Measles Rubella (MR) phase kedua dan Vaccine Preventable Disease (DVD) di hotel Horison Bandarlampung, Rabu (18/7).

Imunisasi merupakan salah satu program kegiatan prioritas Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam bentuk nyata dan komitmen pemerintah dalam mencapai Millenium Devolovment Goals (MDGs), kata Herry Suliyanto.

Menurut Herry, capaian target imunisasi RPJMN 2015- 2019 adalah khusus menurunkan angka kematian pada anak, sehingga diharapkan cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata di seluruh wilayah, kata dia.

" Ini bentuk tujuan untuk menghindari daerah kantong yang bisa menyebabkan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi atau PD3I," tambahnya.

Dengan kata lain, kata Herry juga merukan komitmen Indonesia dalam mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian Rubella atau cacat bawaan akibat Rubbela, tandas dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung DR.Dr.Hj.Reihana.M.Kes.menambahkan, dalam upaya mendukung suksesnya program kegiatan ini, kami (Dinkes) terus berupaya semaksimal mungkin melakukan persiapan sehingga pada bulan Agustus semua telah siap dengan baik,kata Reihana.

Terkait dukungan, tambah Reihana, saat ini telah dikeluarkannya surat instruksi Gubernur Lampung atas dukungan pelaksanaan kampanye Imunisasi MR ke seluruh Kabupaten/kota,SKPD terkait serta seluruh organisasi profesi, jelas dia.

Selain itu, telah terbentuk tim Pokja kampanye MR tingkat Prvinsi dan melakukan advokasi serta sosialisasi melalui tim penggerak PKK, kata Reihana.

Kami atas nama jajaran Kesehatan tentu akan terus bersinergi bersama IDAI pusat,WHO dan Kemenkes yang telah mendukung dan memfasilitasi, ujar dia.

"Ayo kita manfaatkan program baik ini sebagai wujud untuk melindungi kesehatan keluarga," kata Reihana.

Karena,kata dia, nantinya masyarakat bisa mendatangi seluruh Puskesma yang ada di daerah masing masing dan bisa menanyakan lanngsung dengan petugas kesehatan, tandas dia.

Seminar kampanye MR dihadiri, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang, Dr.Murdoyo,Sp.A, Ketua umum PP IDAI DR.dr.Aman B Pulungan,Sp.A (K), Dr.Chatrine Mayung Sambo.Sp.A. serta seluruh kepala Ikatan dokter maupun Kepala Puskesmas se Provinsi Lampung.(HD)

Bagikan