Gubernur Buka Musrenbang Provinsi Lampung

Image
06 April 2017

Pembangunan di Provinsi Lampung saat ini tengah mengalami progres yang sangat signifikan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Provinsi Lampung di Ballroom The 7th Hotel, Bandar Lampung, Rabu (5/4/2017).

Dalam sambutannya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menyatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2018, yang merupakan tahun ke-4 pelaksanaan RPJMD Provinsi Lampung.

Ridho memaparkan bahwa pembangunan di Provinsi Lampung saat ini tengah mengalami progres yang sangat signifikan, diantaranya terkait pembangunan infrastruktur, pertanian, bidang kesejahteraan rakyat, penanggulangan kemiskinan, pengembangan industri dan pariwisata serta pembangunan di bidang energi.

"Ada 8 Prioritas pembangunan yang saat ini tengah menjadi fokus utama pembangunan di Provinsi Lampung, yaitu : Pembangunan jalan tol, pengembangan kawasan industri, perbaikan sistem penyeberangan Merak-Bakauheni, revitalisasi Bandara Raden Intan II, pembangunan bendungan, keberlanjutan pembangunan ITERA, ketahanan energi, dan pembangunan short cut Rejosari-Tarahan." papar Ridho.

"Oleh karena itu, harapan saya forum ini dapat memperkuat sinergisitas antara pemerintah pusat, provinsi, sampai kekabupaten/kota. Forum ini juga hendaknya dapat kita jadikan sebagai momentum untuk memacu semangat kita semua dalam mencapai visi dan misi pembangunan nasional maupun daerah dalam mengembangkan sektor-sektor produktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas pelayanan publik". Lanjut Ridho.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, SH dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Soni Sumarsono menyatakan bahwa Provinsi Lampung terletak diantara 2 pusat pertumbuhan, yaitu Sumatera dan Pulau Jawa. Maka memiliki peluang pertumbuhan yang lebih cepat. Oleh karena itu harapannya Provinsi Lampung dapat mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas, dan efisiensi dalam pembangunan agar dapat mendorong pembangunan lebih cepat lagi.

Dalam kesempatan itu juga Soni Sumarsono menegaskan kembali Musrenbang sebagai terminal bertemunya seluruh proses aspirasi, baik itu dari atas kebawah maupun sebaliknya. Tidak lupa juga mengingatkan agar pembangunan daerah harus sesuai dengan Nawa Cita atau 9 kebijakan strategis RI

Sedangkan Inspektur Utama Bappenas RI, Dr.Ir. Roni Dwi Susanto M.Si, saat membacakan sambutan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. memaparkan bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), penyusunan RKP 2018 harus mengacu pada RPJMN 2015-2019 yang merupakan penjababaran visi dan misi Presiden terpilih 2015-2019, yaitu "Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Mandiri, dan berkepribadian Berlandaskan gotong-royong."

Musrenbang kemudian ditutup dengan penyerahan Penghargaan Pangripta Saburai tahun 2017 atas perencanaan terbaik pembangunan. Untuk kategori kabupaten diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus, dan Lampung Timur. Sedangkan untuk kategori Kota diberikan kepada Kota Metro. (RG/TMMRF)