Empat Siswa PKH Lampung Lulus Bidik Misi 2017

Image
17 Juli 2017

Bandar Lampung (16/7) Kabar baik diterima Dinas Sosial Provinsi Lampung, berdasarkan data yang masuk terdapat empat siswa Program Keluarga Harapan (PKH) dinyatakan lulus Program Beasiswa Bidik Misi 2017. Serta tiga siswa lainnya masih mengikuti proses seleksi akhir Bidik Misi di kampus tempat mendaftar. Sehingga total ada tujuh siswa PKH, jika semuanya lulus Beasiswa Bidik Misi. Hal tersebut sebagaimana tindak lanjut surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos R.I Nomor: 135/LJS.JSK/01/2017 tanggal 24 Januari 2017 Tentang Program Bidik Misi bagi Peserta PKH.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menyatkan bahagia mendengar kabar baik ini. Saya senang mendengar berita baik ini. Semoga tidak hanya empat yang lulus, semua lulus. Bahkan kalau bisa lebih banyak lagi, makin banyak makin baik, pungkasnya.

Sumarju menambahkan, ini membuktikan bahwa keterbatasan ekonomi bukan alasan untuk tidak kuliah. Jika ada kemauan pasti jalan. Apalagi sekarang pemerintah memberikan program bidik misi bagi keluarga miskin termasuk KPM PKH. Pendamping Sosial PKH saya harap membuat trobosan-trobosan yang positif seperti ini. Tahun 2018 kita target lebih banyak lagi anak PKH lulus Bidik Misi. Peningkatan kualitas SDM, tentunya berkorelasi pada penurunan angka kemiskinan Provinsi Lampung, ini juga bagian dari prestasi PKH Lampung, pungkas Sumarju.

Sedangkan Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung 2 Slamet Riyadi menjelaskan bahwa empat siswa PKH yang telah lulus tersebut yaitu; Lani Yuniarti (siswa PKH Kota Metro) Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Lampung (Unila), Merty Fertyana Dewy Jurusan Kehutanan Unila, Iim Roatussholikha (PKH Pesawaran) Jurusan Administrasi Perkantoran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Della Tiffani Ristya (PKH Tulang Bawang) Jurusan Manajemen Ekonomi Universitas Terbuka (UT).

Sedangkan tiga siswa yang saat ini menunggu hasil seleksi akhir berasal dua diantaranya asal Lampung Timur yaitu Julaiha Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro, Mar’atus Shalihah Jurusan Agribisnis Politeknik Negeri Lampung dan Melia Rosa asal Lampung Barat Jurusan PAUD Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung.

Lebih lanjut Slamet menuturkan, bahwa siswa-siswa yang telah dinyatakan lulus tersebut kedepan akan menjadi patner kami dalam meningkatkan motivasi siswa PKH yang saat ini duduk di kelas 12 SMA/MA/SMK sederajat untuk lanjut kuliah. Mereka dapat berbagi cerita secara langsung, serta kiat sukses untuk meraih beasiswa bidik misi bagi siswa PKH. Dengan support Dinas Sosial, Korkab.Kota, Operator dan Pendamping Sosial PKH, bukan tidak mungkin pada tahun 2018 akan lebih banyak lagi anak-anak PKH berprestasi yang dapat mewujudkan mimpinya kuliah, pungkas Slamet yang juga alumnus beasiswa Djarum, Peningkatan Prestasi Akdemik (PPA) dan Beasiswa Bakrie Universitas Lampung.

Lani Yuniarti siswa PKH asal SMA Muhammadiyah 2 Kota Metro yang menerima Bidik Misi Unila 217 menyatakan bersyukur. Saya termasuk yang beruntung, dari 135 siswa PKH se-Kota Metro lulusan 2017, saya diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk kuliah di Unila. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membimbing dan membantu selama ini, pungkas Lani.