Disosialisasikan, Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak

Image
21 Juni 2019

Pemerintah Provinsi Lampung sosialisasikan Penguatan Sekolah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak (Pusra). Upaya tersebut guna mewujudkan Lampung Provinsi Layak Anak (Provila).

Demikian disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung Bayana dalam sambutannya, pada Sosialisasi Penguatan Sekolah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak (Pusra) dalam rangka mewujudkan Provinsi Lampung Layak Anak, di Bandar Lampung, Rabu (19/6/19).

Kedua Obyek tersebut (SRA & Pusra) merupakan buah dari 24 indikator kota layak anak (KLA). KLA merupakan indikator utama dalam rangka perlindungan anak sebagaimana UU No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

"Sehingga kita sebagai unsur dari Pemerintah Daerah wajib hukumnya untuk berupaya mewujudkan hal-hal tersebut demi tercapainya kesejahteraan dikalangan masyarakat," ujar Bayana.

Dilanjutkan, tugas pemerintah daerah selain mewajibkan masyarakat untuk mengikuti segala peraturan yang dibentuk demi kesejahteraan masyarakat luas, juga wajib untuk memberikan segala bentuk fasilitas demi menunjang peraturan tersebut. Tujuannya melindungi serta mensejahterakan masyarakat. 

"Begitu juga ketika UU No. 35 tahun 2014 menjamin sebuah perlindungan anak, maka pemerintah melalui dinas-dinas teknis didaerah bertugas untuk menunaikan kewajibannya, " jelas Bayana.

Bayana juga mengajak kepada seluruh pihak terkait serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk secara terus menerus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi dalam rangka mewujudkan Provila demi kesejahteraan masyarakat Lampung. 

Santiana selaku Ketua Pelaksana menyebutkan, tujuan acara untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas guna terciptanya perlindungan anak di Provinsi Lampung. "Kemudian juga untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan tentang SRA sebagai upaya mewujudkan Provinsi Lampung menjadi Provila," tuturnya.

Bagikan