Dinsos Lampung Berikan Pelatihan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas

Image
10 Juli 2018
Dinas Sosial Provinsi Lampung bekerjasama dengan Balai Besar dalam Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD).

Kementrian Sosial (Kemensos)  Kemensos RI melaksanakan pelatihan vokasional berbasis kopetensi bagi penyandang disabilitas dalam rangka penjangkauan/qutreaching tahun 2018, kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni.

Kegiatan tersebut meliputi, jenis ketrampilan salon, elektronika, menjahit dan pertukangan yang diikuti 60 orang penyandang disabilitas fisik, kata dia.

Sementara,  Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung; Ratna Fitriani, Senin (9/07) di Balai Latihan Kerja (BLK)  Bandar Lampung mengatakan,  bahwa rehabilitasi sosial dilaksanakan dari tanggal 9 Juli sampai dengan tanggal 9 September 2018 dengan maksud untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kualitas ketrampilan yang telah dikuasai selama ini. Dengan demikian para peserta dapat meningkatkan pendapatannya, kata Fitri.

Disisi lain,  Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Bandar Lampung, Evie Fatmawati menambahkan  bahwa kerja bersama semacam ini telah dilaksanakan sebanyak 2 kali.

"Pada tahun 2017 peserta sebanyak 60 orang dan sebagian besar telah diperusahaan ataupun wiraswasta". kata dia.

Menurut dia, untuk  tahun ini juga 60 orang disabilitas khususnya fisik yang berasal dari Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur dan Tanggamus tengah dalam pelatihan.

Evie juga menjelaskan bahwa BLK menyediakan tempat termasuk fasilitas lainnya dan juga instruktur ketrampilan, tandas dia.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Bidang Pelatihan BBRVPD Tri Sukeni dan Kepala Seksi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Dinsos Lampung Sutikno.

Selain itu, hadir juga para instruktur BLK Bandar Lampung.(HD)

Bagikan