Dinas Sosial Adakan Pemantapan TOT Petugas Dukungan Psikososial

Image
08 Agustus 2017

Pemerintah Daerah Provinsi Lampung selalu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk dalam Petugas Dukungan Psikososial (PDP) dalam upaya penanganan korban bencana.

Bencana umumnya membawa pengaruh besar bagi korban termasuk kehilangan baik harta benda bahkan jiwa. Bencana juga mengganggu fungsi psikososial korban dan semua itu berpengaruh terhadap ketidakmampuannya dalam memenuhi kebutuhan dasar, terganggunya fungsi sosial berupa masalah traumatik yang berkepanjangan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung; Sumarju Saeni, saat memberikan arahan dan mwmbuka secara resmi Kegiatan Pemantapan Training Of Trainer (TOT) Petugas Dukungan Psikososial (7/08/2017) di Hotel Novotel, Bandar Lampung.

Selanjutnya dikatakan oleh Sumarju bahwa bencana sosial akan merusak ikatan sosial, pranata adat/sosial sehingga menimbulkan ketidakpastian masa depan, menurunnya kepercayaan diri dan keputus-asaan. Dengan kata lain, peristiwa bencana akan membawa dampak besar terhadap kondisi fisik, emosi, pikiran dan tingkah laku sosial korban. Dukungan Psikososial dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan-penguatan sosio- psikologis lainnya.

Dukungan psikososial ini dikatakan spesifik, karena layanan ini mensyaratkan pendekatan dan intervensi secara profesional yaitu memadukan antara pendekatan psikologis dengan pekerjaan sosial. "Kita membutuhkan tenaga layanan psikososial yang profesional, berintegritas, dan memiliki kompetensi". Katanya

Diinformasikan oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial; Maria Tamtina acara yang diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari unsur Pendamping Disabilitas, Pendamping Lanjut Usia, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Anak, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) serta Tagana ini akan berlangsung dari tanggal 7-9 Agustus 2017.

TOT ini akan dihadiri oleh narasumber yang berkopenten dibidang Dukungan Psikososial yaitu Dra.Sunarti, MSi Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial pada Dit PSKBA, Ditjen Linjamsos, Kementerian Sosial RI. kata Maria mengakhiri pembicaraannya. (Ppid-Dinsos)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Gubernur Lampung Tinjau…

14 Desember 2017
Post

KI Lampung Gelar…

14 Desember 2017
Post

Workshop Mutu Tenaga…

14 Desember 2017
Post

Gubernur Ridho Hijaukan…

14 Desember 2017

Kurs Dolar