Dana Pembangunan Sekolah Melonjak Tiga Kali Lipat

Image
03 Mei 2018

Perbaikan sarana prasarana sekolah menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Lampung. Tahun ini, Pemprov menyiapkan  Rp193 miliar untuk membenahi dan membangun sejumlah gedung sekolah baru di Provinsi Lampung.

"Sejalan dengan instruksi menteri, Lampung terus membenahi akses pendidikan di daerah-daerah terpencil" kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provnsi Lampung, Sulpakar, Rabu (2/5)

Tahun lalu, kata Sulpakar Pemprov menyiapkan Rp54 miliar untuk pembangunan USB. Jumlah ini melonjak tiga kali lipat di tahun 2018, menjadi Rp193 miliar.  Dana tersebut, kata Sulpakar  untuk perbaikan, pembangunan unit sekolah baru, dan pemenuhan kebutuhan sarana prasarana sekolah. Dari jumlah itu, Rp34 miliar untuk rehab ruang kelas untuk kategori rusak ringan hingga rusak berat.

Pemprov kata Sulpakar juga berupaya meningkatkan kompetensi guru dan tenaga pengajar baik melalui bimbingan teknis dan pelatihan. Sulpakar juga meminta agar orang tua dapat berperan dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.

"Untuk pengangkatan guru menjadi PNS, Pemprov sudah mengajukan melalui  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) karena kewenangannya ada di pemerintah pusat kan,," katanya

Sementara, Pj.Sekertaris Daerah Provinsi Lampung mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru melalui pengangkatan sebagai ASN.

Terkait kesejahteraan guru honorer yang dinilai masih minim, Pemprov berupaya untuk memberikan insentif senilai dengan UMP. Termasuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam memberikan insentif kepada guru di tingkat SD dan SMP.

"Kami berharap pemerintah pusat bijak mengkaji UU ASN, agar para guru honorer swasta dapat diangkat menjadi PNS. Jika belum bisa diangkat, Pemda akan berupaya memberikan tunjangan agar kesejahteraan mereka dapat terjamin," katanya (HD)

Bagikan