Bimbingan Sosial/Keterampilan Siswa UPTD-PSBR Radin Intan.

Image
01 November 2017

 

Anak memiliki posisi strategis dalam kelangsungan hidup bangsa, juga merupakan generasi penerus perjuangan bangsa yang mengarah pada pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai keberhasilan pembangunan yang di cita-citakan. Dalam mencapai sumber daya manusia yang berkualitas maka anak perlu mendapat pembinaan agar pengembangan diri mengarah kepada kemantapan identitas diri yang baik dalam masyarakat. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni dalam acara Penutupan Bimbingan Sosial dan Ketrampilan siswa UPTD Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Radin Intan, (30/10/2017) di Bandar Lampung.

Selanjutnya Sumarju menjelaskan bahwa lembaga pertama dan utama yang melaksanakan tanggung jawab tersebut adalah orang tua atau keluarga. Namun pada saat orang tua atau keluarga tidak mampu melaksanakan tanggung jawabnya, maka Negara berkewajiban menjamin dan menyediakan perlindungan, pelayanan kesejahteraan anak tersebut.

Dinas Sosial Provinsi Lampung melaui UPTD Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) Radin Intan melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan remaja putus sekolah terlantar, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur No. 67 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada Dinas Sosial Provinsi Lampung. UPTD PSBR Radin Intan Lampung mempunyai tugas memberikan pelayanan dan pengembangan sosial meliputi Bimbingan Sosial, mental, fisik dan latihan keterampilan praktis.

Melalui pelayanan dengan system panti, dianggap sebagai alternatif terakhir apabila fungsi dan peran keluarga maupun masyarakat tidak mampu memberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan terutama bagi anak / remaja yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada anak-anak sekalian yang telah berhasil menyelesaikan bimbingan sosial dan keterampilan selama di UPTD PSBR Radin Intan Lampung. "Mudah-mudahan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama ini dapat bermanfaat secara maksimal sehingga mampu mandiri, mampu mengembangkan usahanya sehingga ke depan dapat melaksanakan fungsi sosial sebagai anggota masyarakat yang terampil dan aktif di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat ini" katanya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait, baik pengajar / narasumber maupun instruktur atas jerih payah dan kesungguhan dalam mendidik dan memberikan bekal keterampilan, serta dunia usaha yang telah membantu kelancaran Praktek Belajar Kerja (PBK).
Melalui kesempatan ini saya berpesan kepada anak-anakku:
- Seluruh materi baik bimbingan sosial, mental, fisik dan keterampilan yang telah disampaikan oleh pengajar/narasumber/instruktur betul-betul dipahami, dimengerti dan dikuasai dengan baik serta dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan masyarakat sekitar.
- Disamping itu dalam kehidupan bermasyarakat kita harus bisa menjaga diri dengan memperhatikan norma-norma agama dan sosial.
- Sopan santun dan prilaku yang baik harus tetap di jaga dengan baik.
- Apabila sudah bekerja, di tempat kerja kita harus menjaga nama diri kita sendiri, keluarga dan UPTD PSBR yang selama ini telah memberikan ilmu pengetahuan sesuai jurusan masing-masing.
- Dalam era digital yang sangat pesat ini, manfaatkanlah kemajuan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif,sehingga bisa mempercepat tercapainya tujuan yang dicita-citakan.Pungkasnya

Sementara itu dilaporkan oleh Plt Kepala UPTD-PSBR Radin Intan Yati Sunarsih bahwa para siswa yang telah menyelesaikan Bimbingan Sosial dan Ketrampilan tahun 2017 ini sebanyak 40 orang dari 6 Kabupaten. Mereka dibimbing di UPTD selama 8 bulan; selain diberikan bimbingan sosial para siswa juga diberikan ketrampilan menjahit, elektronika dan service motor. Disamping itu juga diberikan modal kerja berupa peralatan sesuai dengan ketrampilannya. (Ppid-Dinsos)

Bagikan

Berita Terbaru

Post

Gubernur Ridho Kembali…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Ny. Yustin Ficardo…

22 November 2017
Post

Penutupan Diklat PIM…

21 November 2017
Post

Deklarasi Insurance Day

21 November 2017

Kurs Dolar