Antisipasi Arus Mudik 2019, Pemprov Lampung Optimalkan Koordinasi Pemanfaatan Jalan Tol Trans Sumate

Image
08 Mei 2019

Pemerintah Provinsi Lampung akan mengoptimalkan koordinasi pemanfaatan Jalan Tol Trans Sumatera ( JTTS) untuk mengantisipasi arus mudik 2019. Hal itu terungkap dalam Rapat koordinasi persiapan arus mudik, di Ruang Kerja Asisten Ekbang, Kantor Gubernur Provinsi Lampung Selasa, (7/5/2019). Rapat tersebut dihadiri operator jalan tol, jajaran Kepolisian Daerah Lampung, dan seluruh OPD terkait di Lingkungan Provinsi Lampung.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat saat memimpin rapat menyampaikan Pemprov mendukung kesiapan demi kelancaran arus mudik 2019. “Kami membicarakan sejauh mana progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ( JTTS) wilayah Lampung”, kata Taufik Hidayat.

Menurut Taufik, Pemerintah Provinsi Lampung siap berkoordinasi dengan operator jalan Tol untuk memberikan solusi mengenai kemacetan di Gate – Terbanggi, Pembangunan Rest area , MCK dan SPBU.

Kabag Ops. Divisi OPJT PT. Hutama Karya Ari Wibowo menyampaikan, Operator jalan Tol akan menyiapkan tiga titik rest area yang dapat dipergunakan untuk pemudik. Ke tiga rest area tersebut berada di kilometer 33, 87 dan 116 jalur Tol Bakauheni – Terbanggi Besar.

“ Untuk mengantisipasi lonjakkan arus mudik 2019, pihak operator akan mengadakan rekayasa lalu lintas di gate Terbanggi Besar," ujar Ari Wibowo.
Dia menjelaskan pihaknya akan menggunakan temporary gate. Selain itu, PT HK juga memastikan pengguna Tol Terbanggi Besar tidak diharuskan keluar ke terminal jika ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sumatera Selatan melalui Tol. "Pihak operator akan menggunakan temporary barrier untuk menertibkan pemudik”, kata Ari.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan menyampaikan secara fungsional jalan Tol ruas Bakauheni – Terbanggi besar - Simpang Pematang siap dilalui pemudik. Pemprov saat ini memastikan kesiapan pihak operator.

“ Selain berkoordinasi dengan operator masalah kesiapan sarana dan prasarana jalan Tol, saat ini Pemprov sedang berkordinasi mengenai persiapan untuk mendirikan posko – posko kesehatan dan keselamatan bagi pemudik dan pengguna jalan tol pada arus mudik 2019,” jelas Qudratul.
Kadishub juga menambahkan saat ini Pemprov sedang mengupayakan armada Bus eksekutif bagi pengguna Dermaga Eksekutif Bakauheni yang akan menuju dan Dermaga tersebut. Juga pengguna yang turun dari Dermaga Eksekutive yang akan menuju Bandar Lampung.

“Jika tidak ada halangan dalam waktu dekat, Pemprov akan melakukan MOU untuk penyediaan angkutan khusus bagi pengguna Dermaga Eksekutif. Kami berharap armada sudah bisa di gunakan pada angkutan lebaran 2019”, kata Kadishub.(TK)

Bagikan